Senin, 06 Juni 2011

Bakwan Makanan murah yang mengandung banyak gizi

BAKWAN


Yups, disini ane mau share tentang makanan faforit ane di kala jam makan siang,yaitu Bakwan. Agan-agan pasti sering melihatnya bukan.
Disini ane mau ngejelasin tentang kandungan gizi dari Bakwan ini, ane dapet infonya dari mbah gugel. Inilah komposisi dari Bakwan[Standard]. CEKIDOT GAN!


Quote:
TERIGU


Terigu merupakan bahan dasar dari sebuah Bakwan. Terigu berbahan dasar gandum yang kaya akan gizi.Tepung terigu relatif lebih mudah terdispersi dan tidak mempunyai daya serap yang terlalu tinggi.Tepung merupakan komponen paling banyak dalam pembuatan makanan. Tepung terigu berfungsi sebagai bahan dasar untuk pembentukan adonan pada makanan (Matz dan Matz 1978 dalam Soliha I 2008). Berdasarkan kandungan proteinnya tepung dapat dibedakan menjadi tiga jenis, terigu keras (kadar protein minimal 12%), terigu sedang (kadar protein sebesar 10-11%), dan terigu lunak (kadar protein sebesar (7-9%). Komponen terbesar tepung terigu adalah pati. Pati terdiri dari dua fraksi yang dapat dipisahkan dengan air panas. Fraksi terlarut disebut amilosa dan fraksi tidak terlarut disebut dengan amilopektin (Winarno 1997 dalam Azizah 2009).
Tabel 1 Komposisi Gizi tepung terigu (100 gram)
Komponen Komposisi
Kalori 365 kal
Protein 8.9 g
Lemak 1.3 g
Karbohidrat 77.3 g
Kalsium 16 mg
Fosfor 106 mg
Besi 1.2 mg
Vitamin A 0 mg
Vitamin B1 0.12 mg
Vitamin C 0 mg
Air 12 mg
Sumber : Prawiranegara (1989) dalam Azizah 2009
Pada tepung terigu, kadar air yang dimiliki sekitar 11-14%, serealia dalam keadaan cukup masak dan kering. Lebih tinggi dari itu akan mudah ditumbuhi cendawan dan cepat rusak. (Makfoeld 1982)
Berikut ini adalah data syarat mutu tepung terigu yang disajikan dalam tabel 2.
Tabel 2 Syarat mutu tepung terigu (Makfoeld 1982)
Kandungan dan Keadaan Syarat
Kandungan Air 15 % (Maksimum)
Kandungan Abu 1,5 % (Maksimum)
Kandungan Serat Kasar 1,0 (Maksimum)
Logam Berbahaya ( Pb, Hg, Cu dan As ) Negatif
Derajat Asam ( cc N alkali per 100 gr ) Maksimum 4
Mikroskopis Tidak Mengandung Jenis Tepung Lain
Keadaan Tidak Apek, Tidak Berjamur, Tidak Berulat dan Tidak Berserangga
Quote:
KUBIS


Nama kubis sendiri berasal dari kata Perancis (Chou Cabus), kenapa di indonesi tenar dengan nama KOL? karena Kol itu berasal dari bahasa Belanda(Kool), pan bekas di jajah Belanda gan . Namun bahasa Latinnya adalah Brassica Oleracea.
Kandungan gizi dari kubis telah menjadi objek penelitian para ahli di luar negeri. Kubis memiliki zat isothiocyanates kandungan zat anti kanker di dalam kubis,kandungan ini lebih tinggi di bandingkan dengan sayuran jenis lain. Buat agan yang perokok,mengkonsumsi kubis secara teratur bisa mengurangi resiko penyakit kanker paru-paru,penekanan sel kanker lumayan tinggi sekitar 69%.Layaknya sayuran lain, kubis memiliki gizi yang terhitung banyak, diantaranya vit.A,B1,B2,B3,B5,B6,b9 dan vitamin C, kalsium,lemak,protein,zat besi,fosfor,serat,sodium,asetaminophen,asam ferulat,iothiochyanate,klorofil,dan flavanoid.
Quote:
WORTEL


Wortel sudah lama dianggap berkhasiat memperbaiki penglihatan. Wortel kaya beta-karoten. Zat itu di dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A, zat gizi yang sangat penting untuk fungsi retina.

Namun, vitamin A tak akan mengobati kebutaan dan hanya dapat memperbaiki penglihatan bila masalah penglihatan tersebut tidak disebabkan oleh kekurangan vitamin A. Selain berperan sebagai provitamin A, beta-karoten dipercaya sebagai pelindung terhadap kanker karena ia merupakan antioksidan.
Antioksidan merupakan senyawa yang dapat menetralkan radikal bebas: molekul tidak stabil yang dihasilkan oleh berbagai proses kimia normal tubuh, atau oleh radiasi matahari, asap rokok, dan pengaruh-pengaruh lingkungan lainnya.

Di dalam tubuh, mayoritas radikal bebas berasal dari proses kimia kompleks ketika oksigen digunakan di dalam sel. Radikal-radikal bebas yang secara kimia tak lengkap itu dapat "mencuri" partikel dari molekul-molekul yang lain. Ia kemudian memproduksi senyawa-senyawa abnormal dan membuat reaksi berantai yang dapat merusak sel, dengan membuat perubahan mendasar pada materi genetis dan bagian-bagian penting sel lainnya. Wortel juga bisa menurunkan kolesterol.
Quote:
BAWANG PUTIH/DAUN BAWANG


Sebuah studi di Jepang menyebutkan bahwa kandungan dalam bawang putih, mampu menghambat kemerosotsn otak dan sistem kekebalan pada hewan percobaan. Ini memang bukan berarti bahwa bawang putih mampu mencegah penuaan, namun ini menunjukan manfaat bawang putih membantu menghambat penuaan. demikian dinyatakan Dr. Yongxiang Zhang,Kepala penelitian dari University of Tokyo.

Di samping itu, menurut penelitian Memorial Sloan Kettering Cancer Center, bahan kimia SAMC yang terdapat pada bawang putih dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Dengan mengkonsumsi bawang putih, resiko terkena kanker dapat dikurangi.

Kadar kolesterol yang tinggi biasanya menjadi pertanda proses penuaan. Bawang putih yang dikonsumsi secara rutin dalam jangka waktu tertentu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Zat anti-kolesterol dalam bawang putih yang bernama ajoene menolong mencegah penggumpalan darah.

Dr. Gilles Fillion dari Institute Pasteur di Perancis menduga, bawang putih dapat membantu meredakan stress, kecemasan, dan depresi. Tentunya dengan efek yang lebih lembut. Ia menemukan bahwa bawang putih bermanfaat untuk membantu melepaskan serotonin, yakni bahan kimia yang terlibat dalam pengaturan serangkaian luas suasana hati dan tingkah laku termasuk kecemasan, murung, rasa sakit, agresi, stress, kurang tidur dan ingatan. Kadar serotonin yang tinggi dalam otak cenderung berfungsi sebagai obat penenang yang menentramkan Anda, memudahkan tidur, dan meringankan kemurungan. Bawang putih menolong menormalkan sistemserotonin tersebut.
Quote:
TELOR


Telor memiliki gizi yang cukup lengakp, diantaranya adalah kalori,protein,lemak,karbohidrat,vitamin A,Thiamin,vitamin C.
Namun, hati-hati dalam mengkonsumsi telur. Karena selain kandung lemak yang cukup tinggi, telur juga mengandung kolesterol dalam jumlah yang lumayan banyak dibandingkan bahan makanan lain. Kandungan kolesterol di dalam 100 gram telur adalah sekitar 424 mg. Wow, cukup banyak ya. Padahal kita dianjurkan untuk mengkonsumsi kolesterol kurang dari 300 mg perhari. Jadi, mengkonsumsi telur sebaiknya cukup sekitar 2 butir per minggu. Selang-selingi lauk hewani dengan bahan makanan lain untuk meningkatkan variasi makanan. Sesuai dengan pesan dari pedoman umum gizi seimbang (PUGS) yaitu makanlah bervariasi makanan, karena tidak ada satu jenis makanan yang mempunyai kandungan gizi lengkap.
Quote:
GARAM


Garam adalah mineral yang diambil dari penyulingan air laut. Garam juga berperan sebagai perasa di makanan ini. namun garam juga menyimpan gizi didalamnya gan. coba kita liat penjelasannya.
Garam mengandung yodium yang berguna bagi perkembangan otak.
Itulah  kandungan gizinya,memoga jadi trit yang bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar